Friday, April 4, 2008

Karya Lengkap Syaikh Muhammad Abduh

Buku Terakhir yang aku baca adalah kumpulan karya Syeikh al-Imam Muhammad Abduh. Dr. Muhammad Imarah mengumpulkannya dalam lima jilid, meletakkan dalam bab-bab yang masuk akal, memastikan teks yang betul-betul karya Muhammad Abdul dan mana yang ditulis orang lain.

Dalam pengantarnya, Muhammad Imarah menyebut bahwa karena diuntungkan oleh pembacaan yang tuntas terhadap karya-karya Muhammad Abduh, karya-karya para penulis tentang beliau dan berbagai review dan komentar terhadap karya atau pendapat beliau di media massa, maka beliau (M. Imarah) berhasil menuliskan dengan singkat, padat, tajam dan jernih perjalanan hidup Syeikh al-Imam Muhammad Abduh yang penuh dengan kontribusi bagi reformasi dunia Arab-Islam, terutama di Mesir.

Tergambar juga bagaimana pasang surut hubungan sang Syeikh dengan Syeikh Jamaluddin al-Afgani, tokoh yang disebutnya sebagai guru. Menurutnya, kalau orang tua hanya mengenalkannya dengan saudara-saudara sekandungnya, namun Syeikh Jamaluddin mengenalkan dengan Ibrahim, Musa, Isa, Muhammad (para nabi, semoga kasih sayan Allah dan kedamaian buat beliau-beliau semua).

Dua tokoh ini, sampai saat ini, masih sangat mempengaruhi pemikiran dan gerakan Islam di berbagai negara di dunia ini.

No comments: